Manfaat Berenang Untuk Ibu Hamil Muda

Manfaat Berenang Untuk Ibu Hamil Muda, berenang adalah olahraga yang menggembirakan terutama untuk anda yang sedang hamil, lalu apakah orang yang sedang hamil bisa berenang??

ibu-hamil-min

Renang adalah salah satu olah raga yang menyenangkan dan murah untuk dilakukan. Olahraga ini juga baik dan aman, sehingga menjadi olahraga yang paling disarankan untuk ibu hamil. Hal ini dikarenakan Renang untuk Ibu Hamil dapat membantu menguatkan otot-otot rahim dan sendi-sendi panggul, dengan harapan proses melahirkan menjadi lebih mudah dan aman dilakukan pada setiap trimester. Jenis Olahraga di dalam air ini juga memiliki risiko yang sangat kecil terhadap cidera tulang, sendi dan otot. Yang perlu diperhatikan adalah kehati-hatian saat berjalan ditepi kolam yang tentu licin.

Berenang bisa menjaga tubuh ibu hamil agar selalu bugar dan sehat. Berenang mempunyai manfaat sama seperti ketika anda melakukan olahraga aerobik, berlari, atau berjalan yang berfungsi melatih paru-paru dan jantung. Yang berbeda adalah Ketika berenang, suhu badan ibu lebih stabil.

Manfaat Berenang pada Ibu Hamil
Berenang merupakan salah satu olahraga penting selain jalan kaki, yang besar manfaatnya bagi ibu hamil. Mengapa dikatakan demikian? Beberapa faktor di bawah ini merupakan ragam manfaat renang bagi ibu hamil yang berimbas pada kebugaran dan keselamatan ibu dan kandungannya. Berikut ini manfaat berenang bagi ibu hamil :

  • Resiko cidera relatif kecil – Berenang memang merupakan salah satu olahraga untuk ibu hamil yang cukup baik, karena memiliki resiko cidera yang rendah. Saat berenang tubuh menjadi ringan, sehingga akan mengurangi tekanan pada otot-otot dan persendian. Dengan demikian, akan meminimalisir terjadinya cidera pada engkel.
  • Melancarkan proses kelahiran –Apa yang terjadi pada tubuh ibu hamil ketika berenang? Aktivitas berenang yang rutin dapat membantu menguatkan otot-otot rahim dan sendi-sendi panggul, yang dikemudian hari akan melancarkan proses persalinan sehingga lebih mudah serta aman.
  • Memperkuat nafas – Lakukanlah olahraga renang secara rutin atau berkala, karena aktivitas renang membentuk otot-otot tubuh ibu hamil menjadi lentur. Tubuh tidak mudah merasa kelelahan serta napas menjadi lebih teratur. Dengan demikian, akan melatih dan memperkuat nafas bagi ibu hamil yang kemudian saat proses persalinan akan sangat berguna untuk mengejan. (Baca juga : cara mengatasi sesak nafas saat hamil dengan berenang)
  • Mengurangi resiko gangguan pada janin – Kondisi tubuh ibu hamil ketika mengandung biasanya akan mudah merasa lelah. Mudah merasa lelah akan berimbas pada kenaikan suhu tubuh. Kenaikan suhu tubuh pada ibu hamil tentu akan beresiko terhadap gangguan kesehatan janin dalam kandungan. Salah satu manfaat besar dari berenang adalah menstabilkan suhu tubuh ibu hamil sehingga, akan menurunkan resiko gangguan pada janin dalam kandungan, penyebab janin cacat sejak dalam kandungan.

Adapun beberapa aspek yang perlu diperhatikan saat melakukan Renang untuk Ibu Hamil adalah:

  • Lakukan gerakan secara tenang, perlahan-lahan, santai dan jangan sampai ada benturan pada bagian perut agar rahim tidak tergoncang. Hal ini termasuk benturan dengan air kolam, sehingga anda harus berhati-hati ketika masuk ke dalam kolam renang. Jangan melompat, namun gunakan saja tangga di tepi kolam renang.
  • Jangan menggunakan gaya punggung. Karena dikhawatirkan akan terjadi penekanan pada pembuluh darah di bagian belakang rahim.
  • Jangan menggunakan gaya kupu-kupu. Gaya kupu-kupu terlalu banyak menggunakan gerakan pada bagian pinggang sehingga dikhawatirkan meningkatkan resiko terjadi benturan pada janin di dalam rahim.
  • Lakukan olahraga renang 3 kali dalam satu minggu dan jangan berenang lebih dari 30 menit. Karena Berenang lebih dari 30 menit justru akan meningkatkan suhu dalam kandungan.
  • Bagi anda yang tidak bisa berenang, cukup lakukan gerakan berjalan di kolam renang yang dangkal atau melakukan gerakan aquarobik di dalam kolam renang.
  • Gerakan renang yang dianjurkan untuk Ibu hamil adalah gaya bebas dan gaya dada. Hal ini dikarenakan kedua gaya inilah yang paling tenang, perlahan dan tak ada benturan.
  • Lakukan Renang di pagi hari sebelum pukul 10.00 dan sore hari sesudah pukul 15.00. Hal ini untuk menghindari paparan sinar ultraviolet dan udara yang panas yang tidak baik bagi janin Anda.

Dari anjuran dan motode Renang untuk Ibu Hamil tersebut diatas, saat ini Anda tidak perlu pusing lagi untuk tetap menjaga kesehatan di waktu hamil dengan cara yang aman dan murah. Beberapa aktifitas olahraga lain sangat rentan terhadap benturan yang tentu sangat berbahaya bagi ibu hamil. Namun dengan berenang secara rutin dan teratur, proses persalinan anda akan lebih lancar dan bisa saja mengurangi rasa sakit saat persalinan.

 

Baca Juga :

Bahaya Penyakit Miom Untuk Ibu Hamil

Posted By. Obat Miom Tanpa Operasi

Leave a Reply